bahasa si chinca lawra

si chinca

chinca chidak khenal eifril mop, chahunya eifril fool… bacanya pake logat si chinca.. bahasa indonesia pake logat bule kenthel!

Tolong jangan make my words jadi humiliation dong. Saya juga manusia. People like kamu…

Saya tidak suka bila “Mana ujan, nggak ada ojek, becek, becek” mulai digunakan oleh artis-artis lain seperti Luna Maya di infotainment-infotainment. It’s very annoying!

Aku gak suka dengan istilah boyfriend.. Aku lebih suka disebut teman dekat.. Teman buat punching, running, lari lari kecil…”

“Not all beautiful people bisa menjadi famous”

Bahasa Indonesia saya buruk sekali, jadi Cinta will be going to Australia to improve Bahasa Indonesia Cinta”

“Aku ada masalah dengan gastrow aku, jadi gak bisa puasa….”

“Akhu bukannya cannot speak in Indonesyaaan bahaawsaa, cuwwma prefer
talk in english, its fun you know!”
 

oh my god… kenapa aku jadi ikut2an ngomongin si cincha lawra sih?? kalo pun aku nulis disini, semata-mata bukan karena fansnya si chinca atau mulai bicara pake dialek bahasa si indo bule itu… tapi ini semua karena… lagi iseng ngak ada kerjaan (ih bohong, setrikaanku banyak tuh di dapur..)!

heran juga, kenapa gaya ngomong cewek tuh banyak yang tertarik… padahal dia kan bicara indonesia aja ngak becus2 amat… dan dari sekian banyak komentar soal dia hampir 70% negatif dan hampir negatif.

kalo dilihat dari sisi apakah dia bicara bahasa indonesia yang baik dan benar, sepertinya biasa2 aja tuh… baca aja blog2 yang seliweran, mana ada yang pake bahasa indonesia baku??? nulisnya juga.. mana ada yang bener2. belom lagi yang nulis pake disingkat-singkat… mbacanya aja juga perlu mikir.

dan sebagian besar mereka yang kasi komentar ngak juga pake bahasa yang bener… jadi apa salah si chinca ya???

kalo pun dia juga ngomong separuh inggris, separuh indonesia… bukankah banyak juga bahasa inggris yang udah jadi bahasa baku kita… ndulu seingetku pernah ada himbauan untuk memasang iklan ataupun plang2 toko dan perkantoran dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. tapi kayaknya gerakan itu kurang berhasil..

aduh bahasaku… jadi kangen sama guru bahasaku jaman smp… sabar banget tapi suka marah kalo muridnya ngeja kata aja ngak becus.. 

anakku yang gede alhamdulillah bisa berbicara bahasa indonesia dengan baik… walaupun ngak pinter2 amat. banyak banget kosa kata yang dia harus selalu tanya sebelum bikin kalimat yang baik dan benar.. kalopun dia ngomong, ketara banget logat bulenya… eh tapi dia 100% indonesia asli lho…

cincha oh chinca….. 

klompenhof

jadi inget sama klompen di rumah… buat ke sumur kalo pas lagi nimba air… dan baru tau kalo klompen itu asalnya dari bahasa belanda. dari dulu ngiranya klompen itu bahasa jawa sih. tapi kayaknya klompen si noni belanda warna dan tampilannya lebih canteeeek. abis, klompen jawa cuman sebatang kayu yang diberi karet bekas ban… gambarnya pun kecil… nah yang ini, gambarnya lebih macem-macem dan warnanya seger-seger..

ngebut….

kayaknya, hal ini ngak bisa dilakukan di semua jalan tol. lha wong pas pulang ke jember lewat jalan tol surabaya-ngempol aja, max cuman 70 km. lebih dari itu aku pasti udah teriakin itu yang nyupir.. takut banget je… sama praoto (truk maksudnya..) sama bis… (yang galak banget kalo disalip).

nah ngebut ini, adalah hobby jelek suamiku.. tapi lha di perantauan ini, udah jelas rambunya kalo boleh ngebut.. di sepanjang jalan tol pasti banyak rambu yang menunjukkan kecepatan yang harus dipatuhi.. kata suamiku, kalo udah melihat rambu boleh ngebut, ya rugi banget kalo ngak ngebut..  ih.. sebel wis.

sebetulnya, di pelajaran tata tertib lalu lintas (musti lulus sebelum dapet sim, dan sim wajib banget disini) disarankan di jalan tol adalah 130 km/h. udah jarang banget sekarang rambu putih coret item itu.. hanya area-area tertentu yang punya 4 line dan emang tolnya mulus. tapi suamiku hapal banget dimana ada tanda putih coret hitam itu. apalagi di kota2 yang sering kami lalui..

nah, pas jalan2 pengen makan bakso + gado2 kemaren, dia nyetir udah diatas rata2 yang disarankan. nih pas aku lagi duduk dibelakang, udah antara 180-200 km/h. berhubung sama anak-anak, aku bilang supaya jangan coba-coba mecahin recordnya yang 287 km/h. but i trust him… he will not do it when the kids are in board. dia bilang, entar kalo udah di belanda, aku aja yang nyupir, ngak ada tantangan, ngantuk… jadilah sepanjang belum masuk belanda, dia kebut tuh si putih.  di belanda dendanya gede kalo ngebut sih, dan ngak ada namanya tanda boleh ngebut… belanda hanya boleh 120 km/h.

aku pernah baca, bahwa, kalo jerman memberlakukan juga tempo limit di jalan tol, habislah industri mobil mereka… itung aja, Mercedes Benz, BMW, PORSCHE, AUDI, OPEL, VW are MADE IN Germany.

ngomong-ngomong becak JOHNSON (bisa di baca tulisan samping si becak)  di jember made in mana ya??? 

kepiting masak telur asin

yang benar nulisnya telur atau telor ya??? pas di jakarta makannya di daerah pecenongan… pas di surabaya, di belakang mac donald kota satelit.. aduh apa ya nama restonya??? nah, berhubung si gede lagi siap2 masuk sd setelah libur musim panas, makanya ibunya ngak berani pulang kampung… jadilah si kepiting menjadi mimpi yang sulit menjadi kenyataan… dan untuk mewujudkannya dengan mencari resepnya di internet pun susah… lha bahan utamanya si telur bebek asin mentah dapetnya dimana??? jadi sepertinya untuk tujuan jangka panjang, mencari pelan2 1. penjual telur bebek mentah, 2. resep bikin telur asin dan, 3. resep bumbu buat kepitingnya… walah-walah… apakah ada yang bisa kasih saran ya????  

mie ayam dan bakso pangsit komplit…

jember… kotaku tercinta… paling nikmat rasanya kalo lagi pulang kampung dan makan makanan lokal, yang udah lama diimpikan… bakso pangsit… komplit… abang bakso yang suka lewat di depan rumah, adalah yang terfavorit. maklum, ngak perlu jauh2 naik kendaraan lewat jalan-jalan yang makin lama makin ruwet rasanya. berhubung udah lama ngak pulang kampung… mimpi pun harus menunggu waktu yang tepat untuk menjadi kenyataan..

pas ada temen yang lagi ulang tahun di restoran indonesia “SURABAJA” di Am Dobben… menunya si bakso komplit… walah… tanpa malu2, akhirnya pesen 2 porsi extra dibawa pulang… aduh ari, maap ya.. kok jadi rakus gitu diriku 8-(.. untungnya ari, yang ulang tahun ngak marah..

hallo mas henry en mbak heny… masukin di menu donk baksonya… super enak tuh! ditanggung deh, diriku pasti akan sering dateng… janji!

dan yang ini, mie ayam buatan sendiri. ceritanya udah ngak kuat menahan napsu makan mie ayam jember “GNI”… surfen di blog ibu-ibu yang udah ahli masak, ditambah modifikasi sendiri supaya sesuai aslinya.. jadilah duplikat mie ayam GNI. testernya anggota rumah… dari 3 tester, 2 orang bilang 70% mirip, 30% rasa kecap?????? dan 1 orang (maksudnya yang masak nih…)…hummmmm lecker!!!! (sambil merem melek!)

 

metamorfosis dekorasi kue – buatan si nyonya

 

aduh… senangnya, bisa bikin kue. padahal dulu jaman masih sekolah, ngak kebayang bakalan mendarat di dapur tiap hari…apalagi bikin kue. bapaknya anak-anak aja suka bilang, dulu kan bisanya goreng air, bikin indomi… ha..ha..

nah, setelah jadi ibu-ibu yang dapet jobnya ngurusin rumah dan dapur tepikirlah belajar bikin kue… dan menurutku yang paling sangat berkesan, waktu belajar dengan seoarng ibu yang beken banget di jakarta lewat blog-blog masak… ibu fatmah bahalwan.

pas lagi di jakarta, akhirnya dikebutlah belajarnya.. dan wow… bener2 suatu sistem pembelajaran diri yang menurutku hasilnya sangat-sangat menyenangkan hati. maklum, dulunya bego banget…

waktu aku lihat foto2 itu.. aduh mak jadi malu.. kue masih jelek belepotan aja udah pede kasih-kasih ama tetangga atau temen yang lagi ulang tahun… harapanku, moga2 tambah banyak ibu2 lain yang ngak patah semangat belajar masak…

  

ulang tahun…

HUT

maret… bulan penuh ulang tahun sepertinya… berhubung pas tanggalnya, ngak padah di rumah, akhirnya pada minggu yang cerah di akhir bulan maret, dengan agak setengah males juga… tercapailah cita-cita buat bikin acara “Kaffee Trinken” alias ngopi di rumah. cuman temen2 kantornya, tetangga kiri kanan dan anggota rumah, yang jadi tamunya… Kopi dan teh, sih gampang bikinnya… tapi temennya kopi dan teh ini yang biang ribut. dengan memeras sedikit tenaga, terbuatlah… Frühlingsrolle atau lumpia, Risoles yang harus dipajang dengan bahasa sini jadi “GEFÜLLTE KOKOS-PFANNKUCHEN MIT HUHN & KARTOFFELN… weleh2.. dikomentari kok judulnya panjang banget. ngak lupa kue lokal Obst-Torte atau Kue buah2an dan Tiramisu… lalu  banyak praline coklat juga…

dasar padah peminum kopi… tersajikan 8×9 cangkir untuk… 20 orang… banyak ya???? belon tehnya.. air putihnya… dan yang pertama habis quotanya adalah…… si risoles! sedangkan tiramisunya yang ninggal paling banyak..

jadi, begitu udah pada pulang semua… terpikirlah… wow kue asli indonesia ternyata yang paling disuka!!! ada yang protes ngak yo, kalo dibilang risoles itu kue indonesia… atau kue belanda yang dibawa ke indonesia?????? 

suatu pagi di pasar kepatihan

bild-036.jpg

pasar kepatihan… kayaknya hobby-ku nambah satu kalo lagi di jember.. yaitu belanja ke pasar kepatihan pagi-pagi..

ini poto stand penjual di pasar kepatihan yang menurutku, betapa hebohnya mereka yang melakukannya tiap hari…  pagi-pagi mereka menatanya, lalu siang hari mengemasinya.. pekerjaan yang harus tiap hari mereka lakukan. maklum pasar kepatihan menurutku termasuk pasar nomade.. alias tidak tetap.

walah, kalo ngak mereka kemasi… ya pasti dicuri orang deh…

mulai yang jualan garam… sampai yang jualan sandal pun ada.. nah, pastinya harga pun menyesuaikan, alias musti pinter tawar menawar. suatu minggu, dasr iseng, suamiku ikut ke pasar. pengen bantu bawa barang belanjaan katanya. kameranya ngak lupa dibawa… wis deh.. akibat photo memoto, harga barang pun ngak bisa ditawar serendah-rendahnya.. yah… nasib… mungkin lain kali ngak perlu ngajak suamiku, toh, belanjaan bisa dibawa sendiri. daripada malah ngak bisa nawar…

mata angin

barattimur1.jpg

 

protes boleh, setuju juga oke… bahwa warga asli jember kalo ditanya mata angin pasti paling jago… itu kata suamiku, yang bukan orang jember.

maksud dia sih, kalo orang jember harus menggambarkan letak suatu tempat atau alamat, pasti tidak luput dari mata angin… ya utara, selatan, timur dan barat…. tetapi menurutku yang pasti timur dan barat adalah terfavorit.

contohnya nih… dimana sih toko obat “Manjur” itu? jawabannya bukan alamat dengan nama jalan dan nomor yang lengkap, tetapi… “Itu lho sebelah timur nya toko kain di barat masjid besar…

walah… suamiku yang denger jawaban seperti itu bukannya ngerti tapi katanya sih jadi tambah ruwet…

ini poto aku ambil di tempat parkir rumah sakit jember klinik… yang sekarang namanya jadi “Rumah Sakit Perkebunan Nusantara X”. untuk mendeskripsikan tempat parkir sepeda motor yang pindah tempat… baca lah dengan seksama… PARKIR SEPEDA MOTOR PINDAH DI SEBELAH APOTIK CITARUM (TIMUR RS JEMBER KLINIK) TIMUR JALAN.. heboh ngak bahasanya?????

ataukah kalimat tersebut mengalami penerjemahan dari bahasa madura ke bahasa indonesia (tapi bukan yang baik dan benar, lho)????

kotak roti buat papa, kakak dan adek…

feb-005.jpg

kotak roti yang wajib dibuat tiap pagi kecuali hari sabtu, minggu dan hari libur adalah buat mereka bertiga… isinya cuman roti buat sarapan ke-2. karena makan siang, udah dapet dari kindergartennya dan papa biasanya jalan ke kota.

dulu, pertama2 kakak masuk playgroup, suka bingung dibuatnya… karena di indonesia, apalagi di jember kota super kecil di hampir ujung timur pulau jawa… ibuknya tidak kenal sih dulu jaman sekolahnya… 😉

tapi, setelah nanya kesana kemari… liat kotak isi temen2 kakak, jadinya radha pinter dikit.

oh ya jangan lupa, kalo beli kotak rotinya, yang :

1. anak-anak tidak mengalami kesukaran membukanya.

2. tututpnya rapat, sehingga makanan tidak mudah tumpah.

3. praktis.

4. tidak kegedean atau kekecilan apabila masuk di dalam tas.

dan isi kotak, sebaiknya:

1. jangan makanan terlalu manis, model coklat. permen… bener2 dilarang keras dibawa!

2. roti… musti yang vollkorn… bukan roti toast.. isinya sih bisa macem2, salami, keju, selai.. kakak paling suka frischkäse (bahasa indonesianya apa ya, keju segar???) + selai strawberry.

3. potongan kecil buah… bisa juga pisang, apel, kiwi.. baiknya udah dikupas atau siap dimakan.

4. potongan sayur seperti tomat, timun, daun salat, wortel, paprika..

5. yougart.. ini kalau mereka udah bisa makan sendiri tanpa berlepotan ke mana2… atau 3 tahun ke atas lah.

kalo untuk papa… wah… tergantung permintaan deh. katanya sih, bisa ngak pesen yang isinya nasi pecel????????