Daily Archives: September 15, 2008

metamorfosis reisbeutel menjadi lontong….

weekend yang lalu, sempat berdiskusi ria bagaimana memasak lontong yang efektif.. maksudnya efektif langsung jadi dan kadar gagalnya sedikit…

banyak tip masukan dari yang berpengalaman. tapi setiap kali mencoba dapat disimpulan 5 kali mencoba 3 kali berhasil dan 2 kali gagal.. hiks!

tapi kali ini, aku pun berjanji…. halah… hanya melakukan langkah2 yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaannya.. ngak pake ajian kira2 lagi neh…

tapi jangan disamakan dengan memasak lontong di desa kita donk.. ini mah, lontong bule.. alias lontong maksa. yah.. yang penting bisa makan lontong lah. karena dilihat dari segi bentuk, rasa dan jaminan kepuasanpun, menurutku dibawah standard..he..he..

reisbeutel atau ricebag atau nasi dalam kantung… itu bahan utamanya. bahan pendukung lainnya adalah air mendidih di panci, kompor dan garam seuprit.. garam sih, biar rasa lontongnya ngak hambar2 banget.. syukur2 ada sedikit air kapur sirih..

berikut cara membuatnya.. (berdasarkan pengalaman di dapur sendiri lho!)

ricebag yang baru dibeli…

bentuk ricebagnya… rendam dalam air dingin sebelum dimasak selama 15 menit.

masak di dalem panci dengan air mendidih.. sampe ricebagnya tenggelam, dan tidak muncul2..

 

 

 

 

 

 

penampakan setelah 30 menit direbus.. masak dengan api sedang..

akhirnya… setelah 1 jam dimasak.. ricebagnya pun mengelembung.. dan keras. sekeras lontong beneran lho!

sebelum diiris.. baiknya didinginkan dulu.. tuh.. kan jadi…

HOOORREEEE… lebaran bikin lontong lagi ah !!!